Minggu, 14 November 2010

WORKBOOK CORE STRATEGY I CORE PERSON

PENDAHULUAN
Selamat datang selamat bergabung dalam team kami yang akan membantu anda untuk mencapai apa yang anda inginkan, di dalam buku kerja ini anda akan mendapatkan panduan dalam membangun bisnis Synergy WorldWide yang sehat dan menghasilkan pendapatan yang terus menerus dan Anda akan mempunyai organisasi yang kuat.


CORE STRATEGY
Core Strategy adalah sebuah strategi untuk membangun bisnis synergy dimulai dari anda sendiri sampai anda memiliki organisasi bisnis yang besar


KENAPA CORE STRATEGY?
Karena dengan Corset anda betul betul Bekerja dalam sebuah tim
Strategy ini sudah terbukti berhasil di semua negara dalam membangun organisasi yang kuat dan bertahan lama.
Core strategy memudahkan bagi anda yang baru dan mempunyai waktu yang terbatas untuk menjalankan bisnis ini karena ada langkah2 dan cara kerja yang jelas, terprogram, dan fokus.


BAGAIMANA MAMBANGUN BISNIS ANDA DENGAN CORE STRATEGY?
Ada 4 tahap dalam Coreset :
tahap 1 : menjadi CORE PERSON
tahap 2 : menjadi CORE LEADER
tahap 3 : menjadi PLATINUM CORE LEADER
tahap 4 : menjadi EXECUTIVE CORE LEADER


Goal atau target pertama anda adalah menjadi Core Person!
4 FASE MENUJU CORE PERSON

FASE 1 :
Fase belajar, pada fase BELAJAR ini anda bersama TIM BISNIS membangun  LINE 1 Anda dengan 10 kedalaman dan minimal anda mensponsori pribadi 3.
Disini Anda mempunyai kesempatan untuk belajar secara langsung kepada mentor-mentor Anda di lapangan utk mengerti dan menguasai ketrampilan dasar dalam membangun jaringan di LINE 1. Sehingga anda bisa membangun LINE 2 Anda dengan lebih cepat. Kalau anda melewatkan kesempatan BELAJAR di LINE 1 anda akan kesulitan dalam membangun LINE 2.
apa yang harus anda pelajari??
1.      Golden Rule
Anda bertanggung jawab terhadap bisnis Anda sendiri
Anda yang membuat keputusan
Anda yang menentukan kecepatan bisnis Anda , bukan Upline Anda, apalagi Downline Anda
2.    Anda mengetahui dengan jelas apa yang anda ingin wujudkan melalui bisnis ini dan anda mampu menyusun langkah-langkah kerja yang terukur dan realistis. Untuk itu anda perlu mendengarkan CD IMPIAN DAN SIKAP dan mengkonsultasikan GOALS anda dengan UPLINE anda
3.    Anda belajar bagaimana membuat DAFTAR NAMA yang benar, bagaimana memilahnya dan bekerja berdasarkan DAFTAR NAMA tsb. Untuk itu anda perlu mendengarkan CD DAFTAR NAMA DAN MEMBUAT JANJI serta menyusunnya daftar nama Anda bersama UPLINE anda
4.    Anda belajar bagaimana MEMBUAT JANJI dengan BENAR. Untuk itu anda perlu mendengarkan CD DAFTAR NAMA DAN MEMBUAT JANJI dan berlatih (role play) bersama UPLINE anda
5.    Anda berlatih melakukan PRESENTASI. Untuk itu anda perlu mendengarkan CD PRESENTASI dan belajar dari UPLINE anda dengan melihat dan mempelajari bagaimana UPLINE anda melakukan presentasi. Setelah itu anda berlatih melakukan presentasi sendiri ke daftar nama anda yang SP4 – SP6
6.    Anda belajar cara melakukan FOLLOW UP. Untuk itu anda perlu mendengarkan CD FOLLOW UP serta melihat TIM BISNIS anda melakukan FOLLOW UP dan membaca buku bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain, personality plus, dan berpikir dan berjiwa besar.
7.    Anda memakai PRODUK. Supaya Anda bisa merasakan manfaat dari produk-produk Synergy dan bisa menceritakannya kepada calon-calon pelanggan Anda.
8.    Anda mengerti pentingnya ALAT BANTU. Untuk itu anda perlu mendengarkan CD ALAT BANTU dan  CD PROMOSI. anda juga perlu melihat dan belajar bagaimana TIM BISNIS menggunakan dan mempromosikan alat bantu.

GAMBARAN STRUKTUR ORGANISASI BISNIS ANDA SETELAH MENYELESAIKAN FASE 1

FASE 2
Membangun LINE 2 mencapai 10 kedalaman dan menyelesaikan syarat jumlah personal sponsor.
Disinilah Anda akan mempraktekkan apa yang sudah anda pelajari di FASE 1 Untuk membangun LINE 2 Anda.
Dalam fase membangun LINE 2, bukan berarti anda meninggalkan LINE 1. Anda tetap harus terlibat dalam pembangunan LINE 1. Anda harus terus berkonsultasi dengan UPLINE anda untuk menentukan prioritas dan prosentase anda bekerja di LINE 1&2

GAMBARAN STRUKTUR ORGANISASI BISNIS ANDA SETELAH MENYELESAIKAN FASE 2

Di fase ini anda menciptakan 3 basis di L1 dan 3 basis di L2
Dalam menciptakan basis, anda perlu mencari orang-orang yang benar-benar serius dalam membangun bisnis ini didalam organisasi anda. Anda perlu mencari orang-orang dalam organisasi anda dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1.    Mereka ingin tahu informasi lebih banyak tentang bisnis ini.
2.  Mereka bersedia menghadiri pertemuan-pertemuan yang dipromosikan dan bersedia mendengarkan cd-cd yang ada.
3.  Mereka bersedia menjalankan Core Activity Card

Ini saatnya anda lebih gencar lagi mempromosikan alat bantu kedalam organisasi anda. Promosikan basic pack sesering mungkin. Pastikan organisasi anda menghadiri BOP setiap minggunya dan mereka masuk ke pertemuan core meeting.
Selalulah berkonsultasi dengan upline dalam proses anda menciptakan basis.
Group Anda dikatakan BASIS jika :
·       Dalam menjalankan CAC mencapai 15 point/hari atau 75 point/minggu
·       Autoship min 40 CV/bulan












GAMBARAN STRUKTUR ORGANISASI BISNIS ANDA SETELAH MENYELESAIKAN FASE 3

FASE 4
Di fase ini target Anda adalah mencapai omset group 500 CV perbulan dan mempertahankannya selama 3 bulan berturut-turut serta mengidentifikasi siapa calon-calon CORE PERSON berikutnya di dalam organisasi Anda.
Omset group 500 CV bisa didapatkan dari Autoship para BASIS dan Aktivasi member baru.
Untuk itu agar tercipta kestabilan omset group, anda perlu menumbuhkan kesadaran organisasi anda untuk melakukan autoship dimulai dari diri Anda dan terus ciptakan perkembangan New Apps setiap bulannya.



Langkah I dalam membuat jaringan yang besar:

TEMUKAN IMPIAN ANDA

Tanyakan ke diri Anda sendiri apakah yang sungguh-sungguh Anda inginkan dalam hidup ini.
1. Saat ini, apa prioritas Anda nomor 1 (apa Hot Button Anda)? 
1.    Penghasilan tambahan
2.    Kebebasan dalam segi keuangan.
3.    Memiliki usaha sendiri.
4.    Memiliki lebih banyak waktu luang.
5.    Pengembangan pribadi.
6.    Membantu orang lain.
7.    Mendapatkan kenalan baru.
8.    Pensiun dengan tenang.
9.    Meninggalkan warisan.
10. Ingin hidup lebih sehat.
11. ………………………………(Anda isi sendiri mungkin belum ada di daftar ini)
2. Mengapa Anda menganggap hal itu adalah prioritas nomor 1?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.  Mengapa Anda menganggapnya penting bagi Anda?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Apa resiko yang Anda hadapi kalau Anda tidak bisa mendapatan hal itu?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.  Mengapa hal itu membuat Anda merasa kuatir?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tanyakan dan selidiki,  dapatkah bisnis ini memberikan jawaban  atas pilihan Anda itu. Kalau jawaban Anda tidak, Anda perlu mencari informasi lebih banyak lagi.
Kalau jawaban Anda Ya, tanyakan lagi, sebesar apa keyakinan Anda  bahwa bisnis ini dapat membantu mencapai  keinginan Anda tadi.
Keyakinan Anda terhadap bisnis ini berbanding lurus dengan besarnya bisnis yang akan Anda bangun.


BAGAIMANA SIKAP ANDA?

1.  Siapa Anda? (bagaimana Anda memandang diri Anda?)
Apakah Anda menganggap diri Anda adalah seorang pengusaha mandiri yang memilih dengan sadar perusahaan Synergy   (dengan  produknya yang sangat bagus, perusahaannya yang sangat kuat, sistem bagi hasil yang menguntungkan) untuk Anda ajak kerja sama membuat kerajaan bisnis /pasar/jaringan/jalur distribusi yang online di 15 negara sampai saat ini.
dan
Anda sebenarnya adalah seorang pemegang lisensi pemasaran perusahaan berskala international yang berhak membuka cabang-cabang pemasaran persis seperti yang dilakukan oleh para pemilik franchise McDonald, KFC dan perusahaan-perusahaan franchise lainnya.
dan
Anda berhak untuk mendapatkan bagi hasil dengan Synergy maximal  55%      (termasuk reward mobil mewah dan jalan-jalan ke luar negeri) dari omzet yang Anda kumpulkan dari  pasar  yang Anda bentuk.
dan
Anda berhak mendapatkan 100% keuntungan yang sama dengan keuntungan  yang diperoleh dari setiap cabang yang Anda buka berapa pun jumlah cabang pemasaran Anda
dan
 Anda sebenarnya berhak untuk mewariskan/menjual pasar/jaringan (asset) yang sudah Anda bentuk nantinya?
atau
Apakah Anda merasa hanyalah  seorang yang terpaksa menjadi seorang distributor  MLM dan menganggap pekerjaan ini adalah pekerjaan  orang pengangguran karena  tidak  diterima kerja dimanapun
dan
Anda hanyalah  anggota orang-orang  yang setiap minggu kumpul-kumpul di BOP dan pertemuan-petemuan lainnya tanpa tahu tujuannya?
2. Selalu tambah satu lagi!
Pikirkan Anda hanya perlu menambah satu saja, terus!, terus!, terus!   Kalau sudah dapat satu, tambah satu  lagi. Kalau sudah dapat satu lagi, tambah satu lagi. Pokoknya tambah satu. Ok?

3. Meniru adalah 100% halal !

Anda boleh meniru semua hal yang dilakukan team kerja Anda  sesuai yang diajarkan di sini. Gampang sekali!

4.  Nikmati prosesnya!
Anggap saja Anda sedang bersenang-senang dengan eksperimen Anda setiap hari selama 90 hari ke depan.  Anda sedang bereksperimen di laboratorium Anda (kamar tamu prospek). Gratis pula!

5.  Anda  yang menentukan sendiri!
Anda sendiri yang menentukan berapa jam Anda mau berekperimen di bisnis ini setiap harinya.

“Hebat itu tidak ada, yang ada hanyalah terlatih atau tidak terlatih”

Langkah II dalam membuat jaringan yang besar:

MEMBUAT DAFTAR NAMA TERTULIS

Ayo kita menuliskan nama orang yang pernah kita kenal selama kita hidup ini.  Tuliskan saja nama mereka tanpa perlu dianalisa terlebih dahulu.

Siapkan sebuah buku tulis yang baru khusus untuk daftar nama, lalu mulailah tuliskan nama-nama (baik kenalan di dalam negeri maupun yang di luar negeri) dari:
1.    Anggota keluarga Anda: bapak, ibu, kakak, adik, oom, tante, sepupu, keponakan dll.
2.    Anggota keluarga istri/suami Anda.
3.    Teman-teman relasi bisnis/kerja: teman-teman kantor, satu divisi, atasan, bawahan, teman dari kantor lain, supplier, rekan bisnis.
4.    Teman-teman hobby atau olah raga: futsal, sepakbola, renang, volley, karate, gulat, tinju, billiard, karambol, kartu (bridge, remi, domino, tarot, seven skop dan sejenisnya).
5.    Teman-teman sekolah (SD, SMP, SMU) dan universitas.
6.    Guru-guru Anda maupun guru anak Anda, guru privat, guru les.
7.    Tetangga Anda. Rumah depan, samping, atas, bawah.
8.    Agen asuransi yang Anda kenal.
9.    Agen property yang Anda kenal.
10.  Orang tua dari teman anak Anda.
11.  Mantan teman sekantor tempat Anda bekerja dulu.
12.  Teman istri, istri teman. Teman suami, suami teman. Teman anak, anak teman dst

Kalau yang atas sudah Anda isi, pasti yang bawah ini jadi lebih mudah.
1.    Apoteker
2.    Dokter
3.    Perawat
4.    Bankir
5.    Akuntan
6.    Arsitek.
7.    pemilik salon
8.    ahli listrik/pemilik toko listrik
9.    polisi
10.  tentara
11.  travel agent
12.  pemilik toko besi
13.  pemilik toko bangunan
14.  pemilik restoran
15.  ahli masak/koki/chef
16.  anggota DPR/MPR
17.  pramuniaga (SPG)
18.  palayan bar
19.  pamilik bengkel mobil/motor
20.  guru musik piano, gitar, drum dll
21.  pegawai bank
22.  Wartawan
23.  manager hotel
24.  Sekretaris
25.  therapist.
26.  kepala sekolah dan wakilnya
27.  pengacara
28.  pemain sinetron
29.  seniman
30.  duta besar/mantan duta besar
31.  jendral, mayor, kapten
32.  bintang film
33.  pemangkas rambut
34.  pemilik salon rias pengantin
35.  ahli computer
36.  hakim
37.  pramugari/pramugara
38.  Pilot
39.  teman fitness
40.  sopir taksi
41.  pembalap
42.  olahragawan (tinju, sepakbola dll)
43.  bidan
44.  ulama
45.  pendeta/pastor
46.  presiden dan wakil (negara, organisasi, komunitas)
47.  mc
48.  trainer public speaking
49.  pegawai negeri
50.  receptionist
51.  peternak (ayam, bebek, kelinci, kuda dll)
52.  pemilik perkebunan (teh, kelapa sawit, tebu dll)
53.  pemilik tambak (udang, ikan)
54.  dosen
55.  lurah, camat dan perangkat desanya
56.  ahli pijat
57.  pembicara nasional
58.  pembicara internasional
59.  event organizer
60.  pekerjaan lain yang belum tertulis di sini yang Anda  tahu

Kalau kita bisa menulis 50 daftar nama dalam waktu 15 menit, dan kita misalkan masing-masing nama yang kita tulis tadi juga melakukan hal yang sama, artinya  potensi pasar yang akan kita bentuk sudah ada 2500 + 50= 2550 orang! Wow dahsyat bukan?! Inilah kekuatan daftar nama!

Anda bukanlah seorang Netwoker Sejati sebelum mempunyai ratusan bahkan ribuan daftar nama yang tertulis!

Untuk scoring kita gunakan salah satu  metode yaitu: FAST
(Finansial, Ambisi, Supelitas, Teachablelitas).

Finansial: Bagaimana menurut Anda kondisi keuangan orang tersebut?
Ambisi: Bagaimana menurut Anda tingkat ambisi orang tersebut?
Supelitas: Bagaimana menurut Anda tingkat supelitas orang itu?
   Teachablelitas: Bagaimana menurut Anda tingkat ke-positif-an orang                  itu terhadap informasi baru?

Kalau menurut Anda, dia < Anda, berikan score 1
Kalau menurut Anda, dia  = Anda, berikan score 2
Kalau menurut Anda, dia  > Anda, berikan score 3

Dari scoring yang Anda buat akan ada tiga kategori prospek, yang kita sebut dengan Skala Prioritas (SP).
SP4-SP6      : berlatihlah presentasi dengan orang-orang ini.
SP7-SP9      : setelah berlatih, mulai masuk dalam kelompok ini.
SP10-SP12 : untuk awalnya Anda bisa minta tolong team kerja untuk mempresentasi kelompok ini. Setelah itu Anda lakukan sendiri.


Langkah III untuk membuat jaringan yang besar.

MENGUNDANG ATAU MEMBUAT JANJI BERTEMU

Apa tujuan mengundang?

Hanya membuat janji bertemu. Tidak untuk menjelaskan bisnis Anda lewat telepon, karena tidaklah mungkin. Anda menjelaskan proyek Anda secara lengkap dalam presentasi, langkah berikutnya setelah langkah  III ini.

Mengundang ke mana?
1.    Home Meeting. Home Meeting adalah pertemuan yang diadakan di rumah Anda untuk menjelaskan konsep bisnis ini kepada teman-teman Anda. Home Meeting bisa dihadiri 5 sampai 10 orang
2.    Presentasi one on one/ two on one. One on one/ two on one adalah kalau Anda (bersama upline Anda) janjian bertemu dengan prospek Anda di suatu tempat yang sudah di tentukan.
3.    Business Opportunity Presentationg (BOP). Idealnya, BOP digunakan untuk pertemuan berikutnya setelah one on one atau home meeting.

Bagaimana cara mengundang yang berhasil?
1.    Sikap (baca lagi  Siapa Anda?)
Sikap saat Anda mengundang sangat penting sekali. Seperti apa sikap Anda tentang bisnis Anda akan tercermin dari kata-kata yang Anda pilih dan dari getar suara Anda saat Anda menelpon.
2.  Sediakan 2 pilihan waktu.
Kalau Anda masih baru dan belum bisa presentasi, minta 2 waktu dari upline Anda untuk melakukan presentasi. (bisa home meeting atau one on two). Misalnya upline Anda memberikan waktu hari Selasa dan Kamis jam 7 malam.
3.  Gunakan telpon.
Gunakan telpon untuk mengundang mereka. Jangan  terpancing untuk coba menjelaskan bisnis Anda lewat telpon karena itu tidaklah mungkin dan dapat memberikan persepsi yang tidak lengkap kepada dia.
4.    Gunakan Hot Button/keinginan dia yang paling mendesak.
    Alangkah bagusnya, saat Anda mengundang, Anda sudah tahu apa hot buttonnya. Ini akan jadi mudah sekali dan kemungkinan besar dia akan datang. 
      5.  Kemukakan alasan berbicara singkat/buru-buru.
Misalnya:  Hallo Bud, apa kabar? ( Budi: baik…….) Lagi dimana nih? (Budi: di rumah ibu…) Bud, sebentar lagi aku mau meeting dengan boss ku nih, tapi aku cuma mau tanya, apa kamu masih serius ingin dapat penghasilan tambahan untuk bayar sekolah anakmu (hot button si  Budi) seperti yang kamu ceritakan ke aku kemarin?
Jauhkan istilah seperti upline, presentasi atau MLM (karena kita bukan MLM tapi DLM atau Dual Linear Megamatch).
   6. Dapatkan waktu yang cocok dengan prospek Anda.
Pastikan dia tidak memiliki acara pada hari yang telah Anda tetapkan. Misalnya Anda mau mengadakan home meeting pada hari selasa dan jumat jam 7 malam. Saat Anda mengundang Anda bisa katakan “ Bud, hari selasa malam jam 7 kamu nggak ada acara kan?”
7.    Latihan, latihan, latihan.
Latihlah dengan sponsor Anda!

Hal penting yang perlu diingat: kalau undangan Anda sudah menikah, undang dua-duanya!
Kembangkan topic yang kreatif!

Anda bisa gunakan kalimat sbb:

1. “saya sedang butuh beberapa teman kerja untuk memulai sebuah proyek di kota Anda.” atau
2. “lu pegang cabang perusahaan gw di medan ya?” atau
“mau punya lisensi pemasaran seperti Mcd atau KFC? Aku sedang pegang lisensi perusahaan seperti itu” atau
3. “aku baru pegang frencise unik nih!” (uniknya apa? Anda harus tahu dong. Uniknya adalah, kita bisa buka cabang tanpa modal dari kita, dan kita bisa dapat kentungan 100% dari keuntungan cabang kita. Frencise yang nggak unik atau biasa, hanya akan dapat 10-20% dari cabang yang kita buat. Inilah uniknya frencise kita karena ada matching bonus) atau
4. “Aku sedang dapat tender untuk buka market di Indonesia nih” atau
5. “Aku sedang bikin pasar/market/usaha yang dapat diwariskan/menjamin saat masa pensiun.” atau
6. Anda bisa gunakan topik dari hot button mereka, misalnya “kamu masih ingin punya penghasilan tambahan?” atau
7. “Bud, kamu kan suka dengan komunitas pembelajar. Kita sedang membahas buku Cashflow  Quadrant nih. Tapi selain membahas, kita juga langsung mempraktekkan teori-teori yang ada di buku itu untuk dapat uang yang banyak.” atau
8. “apakah Anda mau mempunyai masa pensiun dengan tenang? 5 tahun lagi kan Anda pensiun, nah saat itu Anda akan sudah punya pengganti penghasilan Anda yang lebih dari cukup.”
9. silakan kembangkan kreasi Anda sendiri, pilih mana yang paling enak, gunakan berulang-ulang.
 
Langkah IV untuk membuat jaringan yang besar.

MENCERITAKAN BISNIS INI (PRESENTASI)

Apa tujuan presentasi?
1.    Memberikan solusi  terhadap keinginan ( hot button)/masalah  prospek Anda lewat bisnis ini. (menciptakan api)
2.    Mendapatkan janji follow up (maksimal 2 hari setelah presentasi ditunjukan) (membuat nyala api lebih besar)
3.    Mencari networker berikutnya di bawah Anda. (membakar gedung bertingkat dari lantai bawah)

Jenis –jenis presentasi:

1.    one on one/ two on one (+- 20’-30’ atau tergantung situasi)
2.    home meeting (+- 40’)
3.    BOP (Business Opportunity Presentation) (+- 50’)

Kepada siapa Anda presentasi?
Kalau Anda masih baru, latihan presentasi sendiri kepada daftar nama yang  Skala Prioritasnya (SP) antara 4-6. Tujuan hanya berlatih saja. Kalau sudah bisa naik ke SP7-SP9. Untuk SP10-12 bisa melihat upline melakukan untuk Anda 1-2 kali saja, setelah itu lakukan sendiri. Semakin cepat Anda bisa melakukan sendiri semakin cepat bisnis Anda berkembang.

Apa sih sebenarnya makna presentasi itu?
Presentasi adalah menghadirkan saat ini di depan mereka Hot Button mereka yang bisa dijawab melalui bisnis ini.  Presentasi Anda = masalah mereka selesai = menjalankan bisnis ini. Pintar-pintarlah menemukan hot button mereka. Kalau Anda tidak tahu apa hot button mereka, bertanyalah!  Jangan pernah sekali-kali menduga!

Apa yang dipresentasikan? (ingat selalu makna presentasi di atas)
1.    bagan konsep bisnis ini/proyek ini. (mereka tahu posisinya dalam bisnis ini sebagai partner SYNERGY)
2.    company profile. (mereka merasa aman bekerjasama membangun asset dengan perusahaan raksasa yang terbaik).
3.    produk. (mereka merasa aman menggunakan/mempunyai/memasarkan produk-produk berkualitas tinggi yang dapat menyembuhkan)
4.    marketing plan SYNERGY DUAL LINEAR MEGAMATCH (mereka senang karena bagi hasilnya lebih besar untuk mereka 55%, tidak ada side volume, tidak ada break away/ pushed up, impian mereka bisa tercapai, punya uang banyak, dapat hadiah/beli mobil baru, jalan-jalan ke luar negeri)
5.    support system UNIVISION (mereka tenang karena ada prosedur standar kerja, pendidikan dan pelatihan, dan team yang kompeten: promosikan UNIVISION, 7 langkah kerja, upline, BOP, BBS, CD, VCD UNIVISON)

Penting:
1.    Jangan tunggu sempurna baru melakukan presentasi. Lakukan saja. Dan tak perlu komplit-komplit karena kita punya pertemuan yang lebih besar.
2.    Semakin sering, semakin baik Anda presentasi.
3.    Prospek tidak pernah tahu apakah presentasi Anda benar atau salah.
4.    Efesien dan efektifkan waktu. Selesaikan maks 50’. Promosikan untuk datang ke pertemuan lebih besar home meeting atau BOP atau BBS.
5.    Selalu dapatkan janji untuk follow up!

Bagaimana mempersiapkan presentasi di rumah (Home Meeting)?
1.    Biarkan ruang tamu seperti apa adanya.
2.    Jangan digabung dengan acara lain. (arisan, rapat rt)
3.    Simpan brosur dll dalam paket informasi (info pack) untuk nanti dipinjamkan setelah selesai presentasi dalam rangka janji follow up.
4.    Bebas dari gangguan anak kecil, tv, telpon, binatang peliharaan.
5.    Cukup minum dan makanan kecil kalau ada (mudah diduplikasi). Inipun disajikan setelah acara presentasi selesai.
6.    Siapkan kertas dan ballpoint.
7.    Simpan whiteboard di belakang dahulu.
8.    Berpakaian rapi, Anda sedang berbisnis. First impression sangatlah penting.
9.    Sediakan tempat parkir dan tempat duduk khusus untuk presenter (Anda sedang memberikan kekuatan kepada upline untuk membantu bisnis Anda sendiri. Semakin tampak hebat upline yang membantu Anda di mata teman-teman Anda, semakin mudah dia mengembangkan bisnis Anda. Hal ini tidak ada hubungannya dengan ego. Ini hanyalah bisnis!)
10.  Sambut upline Anda, perkenalkan dengan prospek Anda, ajak bicara upline Anda. (jangan sampai upline yang membantu Anda jadi kambing congek). Hangatkan suasana supaya suasana mencair. Ini adalah masa kritis.
11.  Saatnya mulai, Anda yang membuka acaranya. Setelah Anda buka, serahkan semuanya kepada upline Anda. Tugas Anda menyimak dan memperhatikan semua yang dilakukan upline Anda karena Anda sedang menduplikasi hal penting di bisnis ini. Setelah upline Anda selesai  presentasi, Anda menutup acaranya.

Contoh membuka acara home meeting:

“Selamat malam teman-teman, senang sekali berjumpa dengan Anda malam hari ini. Sesuai dengan undangan saya kemarin, malam hari ini kita akan membicarakan sebuah proyek yang sangat bagus. Mungkin Anda bisa melihat proyek ini bisa berguna untuk membahagiakan orang-orang yang Anda cintai. Dan malam hari ini kita semua sangat beruntung sekali, karena Bapak ……………..(upline Anda yang akan presentasi) bersedia hadir ditengah-tengah kita untuk menjelaskan proyek ini meskipun beliau  sangat sibuk. Saya sangat percaya dengan beliau dan beliau sangat berkompeten dalam bidang ini. Marilah kita simak baik-baik apa yang akan beliau sharingkan dengan kita. Silakan Pak…………..(upline)”
(Anda bagikan kertas dan ballpoint bagi yang tidak membawa, lalu Anda duduk menyimak dan mencatat. Tunjukkan sikap bahwa apa yang dipresentasikan itu adalah hal penting)

Contoh menutup acara home meeting:

“Baiklah, terima kasih kepada Bapak…….(upline) yang telah memberikan penjelasan semua kepada kita. Saya dan istri saya sudah mempelajari bisnis ini dengan seksama, kami juga telah hadir dalam pertemuan BOP seperti yang akan Anda hadiri juga, kami juga sudah melihat VCD dan CD. Kami berdua serius mengerjakan proyek ini. Sambil kita mempererat tali silaturahmi, mari kita mencicipi kue dan minuman yang telah disediakan dan mungkin masih ada satu dua pertanyaan bisa langsung ditanyakan kepada Bapak…..(upline).”


Penting! Penting! Penting!
Saat ini adalah saat-saat yang penting sekali, karena upline Anda akan meminjamkan info pack dan membuat janji follow up kepada orang-orang yang menurut dia akan menjadi networker berikutnya dalam team Anda. Perhatikan cara dia meminjamkan info pack dan membuat janji follow up! Anda harus bisa menduplikasi ini.

Contoh cara meminjamkan info pack dan membuat janji follow up:
Setelah presentasi selesai sambil minum-minum, sponsor Anda akan mendatangi beberapa orang pilihan yang menurut dia bisa menjadi networker. Sambil membawa info pack dan agendanya, dia menuju prospek itu dan berkata,” Pak prospek, saya yakin Anda masih punya beberapa pertanyaan lagi yang belum sempat Anda sampaikan. Ini saya pinjamkan beberapa informasi tambahan untuk Anda. (sambil meletakkan info pack ke tangan prospek tadi). Namun saya membutuhkan kembali paket ini satu dua hari ke depan. (kalau hari itu adalah hari minggu) Saya bisa ambil hari senin atau selasa? (diam, mata focus ke agenda, sambil ballpoint diketuk-ketukkan ke agenda seolah sedang menunggu jawaban)”  Prospek yang tepat akan menjawab,”ehm……..hari selasa boleh juga.” Sponsor Anda menyambung lagi,” Baik Pak prospek, hari selasa. Enaknya jam 4 sore atau jam 7malam?” Prospek,”Jam 9 malam ok juga.” Sponsor,”Ok Pak prospek, jam 9 malam kita bertemu di rumah Anda.” (sambil mencatat di agendanya). Perhatikan, sponsor Anda selalu memberikan pertanyaan tertutup dengan 2 pilihan. Sponsor Anda akan melakukan hal yang sama dengan beberapa prospek yang dianggap positif.

Setelah proses ini selesai Anda bisa “usir” tamu Anda dengan mengatakan:
“Baiklah Bapak Ibu/teman-teman, bagi yang sudah mempunyai acara lain atau kesibukan lain Anda bisa melanjutkannya karena acara kita malam hari ini sudah selesai. Bagi teman-teman yang sudah mendapatkan janji untuk bertemu dengan Bapak ……(upline), kita akan bertemu di hari yang sudah ditentukan. Sampai jumpa hari  Selasa jam 7 malam di acara BOP. Sukses untuk kita semua, selamat malam.”

Setelah mereka semua pulang, upline Anda akan duduk dengan Anda untuk mereview semua yang terjadi pada malam itu. Anda dengarkan dia dan ikuti sarannya.


Catatan:
1.    Dalam presentasi apapun selalu promosikan pertemuan UNIVISION terdekat yang lebih besar. Bisa BOP,NDT, BBS.
2.    Selalu promosikan garis sponsorisasi Anda yang terlibat langsung dalam team kerja Anda.
3.    Selalu siapkan paket informasi untuk dipinjamkan kepada prospek yang berisi alat bantu seperti brosur, majalah, cd dan vcd UNIVISION. (untuk follow up)
4.    Anda sudah tahu sekarang pekerjaan seorang networker dalam membangun jaringan: presentasi untuk dapat janji follow up. Follow up untuk dapatkan janji presentasi. Seperti roda yang terus berputar. Presentasi, follow up, presentasi, follow up, presentasi, follow up dst……
5.    Jadi walaupun saat home meeting itu prospek Anda bergabung, Anda tetap harus melakukan follow up.

Langkah V untuk membuat jaringan yang besar.

MELAKUKAN TINDAK LANJUT / FOLLOW UP

Apa tujuan follow up?

1.    Mengajarkan calon networker baru untuk mulai menjalankan bisnis ini dengan benar.
2.    Mendapatkan janji presentasi di rumah dia.

Kapan  melakukan follow up?
Maksimal 2x24 jam setelah presentasi. (sesuai dengan janji yang Anda dapatkan saat meminjamkan info pack saat Anda selesai presentasi sebelumnya).

Berapa lamanya follow up?
Maksimal 1 jam saja.

Bagaimana langkah-langkah follow up?

1. 15’-20’ pertama:
·       Segera lakukan match and mirror.
·       Setelah mencair, anda bisa bertanya,”Bapak, bagaimana komentar Anda setelah melihat vcd, cd dan brosurnya?”
·       “Saya minta masukan sesuatu yang menarik menurut Anda tentang presentasi tadi malam.”
·       “Kira-kira kalau Anda menjalankan bisnis ini apa yang paling Anda harapkan Anda dapat dari bisnis tersebut?”
·       Anda bisa tanyakan lagi daftar hot button dan ajukan 5 pertanyaan emasnya. Barkan dia menjawab.
·       Jika ada keberatan dari prospek, jawablah. Selalu kembalikan ke sistem. Keberatan = tertarik. Bacalah booklet dari Basic Pack tentang cara mengatasi kendala. Semua ada jawabannya di sana.

Jika prospek tampaknya tidak tertarik, segera tawarkan produk. Mereka bisa jadi pelanggan Anda. Minta referensi daftar namanya. Jika dia tertarik (dia akan aktif sama dengan Anda), lanjutkan ke tahap kedua.

2. 15’-20’ kedua:
·       Ajarkan membuat daftar nama. Ambil secarik kertas langsung tanyakan nama teman-teman dia, keluarga dst.
·       Ajarkan memilah daftar nama untuk menentukan skala prioritas.
·       Lakukan roll play cara mengundang dengan benar.
·       Tentukan 2 waktu untuk Anda membantu dia presentasi di rumahnya.
·       Ajarkan cara mempersiapkan home meeting.

3. 15’-20’ ketiga:
·       Promosikan supaya dia beli tiket pertemuan terdekat. BOP,NDT, BBS.
·       Promosikan supaya dia segera memiliki basic pack.
·       Promosikan supaya segera membaca buku Berpikir dan Berjiwa Besar dan Cashflow Quadrant dan buku yang lain.
·       Minta mereka untuk segera bergabung. Membeli starter kit, memilih produk  dan aktifasi 3 TC, sekalian autoship 7 bulan sekalian.
   
Apa hasil dari follow up?
·       Jika dia mau mengundang di rumahnya, Anda mendapatkan calon networker di bawah Anda. Terus tempel dia dan jadikan murid yang baik. Latihlah dia terus menjadi networker seperti Anda.
·       Jika dia belum mau mengundang, ajaklah dia ke pertemuan-pertemuan dan berikan informasi tambahan. Dia butuhkan keyakinan lagi.
·       Jika dia tidak mau join tapi beli produk, jadikan pelanggan dan minta referensi daftar nama.
·       Anda mendapatkan janji presentasi lagi. Demikianlah yang terjadi terus menerus presentasi untuk dapatkan janji follow up, follow up untuk dapatkan janji presentasi.


Langkah VI untuk membuat jaringan yang besar.

MENGGUNAKAN PRODUK UNTUK DIRI SENDIRI ( USER100% )

Mengapa Anda perlu pakai produk synergy?
Karena Anda adalah pemilik usaha Anda sendiri, yang produknya di suplai oleh synergy. Anda pengusaha!

Berapa produk?
Mengapa tidak semua yang Anda butuhkan Anda pakai dari toko Anda sendiri?
Anda perlu kuasai dan yakin dengan produk Anda sendiri.

Kapan pakai produk?
Mengapa tidak setiap saat? Semakin Anda pakai produk, Anda semakin kaya!

Apa efeknya untuk jaringan?
Hanya satu kata: Duplikasi! Anda beli satu= Anda jual 1000 (kalau jaringan Anda 1000 orang yang menduplikasi memakai seperti Anda). Dahsyat!
Jadikan meminum produk synergy menjadi gaya hidup Anda dan seluruh jaringan Anda!


Langkah VII untuk membuat jaringan yang besar.

MENGGUNAKAN ALAT BANTU UNIVISION (VCD, CD, BUKU, PERTEMUAN)

Apa tujuannya?

·       Penduplikasian sempurna dari sistem dan irama seluruh jaringan.
·       Meringankan kerja para networker.
·       Peliptgandaan waktu dan keahlian.
·       Penghematan biaya operasional networker.

VCD dan CD apa saja?
·       Yang diterbitkan UNIVISION.
·       Pastikan seluruh jaringan memiliki basic pack.
·       Produk knowledge dll.

Buku apa saja?
·       Berpikir dan berjiwa besar. (David J Schwatz)
·       Cashflow Quadrant (Robert T Kiyosaki)
·       Business School (Robert T Kiyosaki)
·       Personality Plus (Florence Littauer)
·       The Questions are The Answer (Allan Pease)

Pertemuan apa saja?
·       BOP (Business Opportunity Presentation) Univision.
·       NDT (Network Developing Training) Univision.
·       BBS (Business Building Seminar) Univision.
·       Pertemuan yang direkomendasikan upline / Univision.


Anda ingin dijamin berhasil atau berharap berhasil di bisnis ini ?
Kalau Anda ingin dijamin berhasil di bisnis ini segera menjadi Orang Inti

Apa itu Orang Inti ?
Dalam setiap organisasi apapun pasti terdapat sebagian kecil orang yang menggerakkan organisasi itu. Kalau kita mau mengacu pada Hukum Pareto (baca buku Mengembangkan Kepemimpinan di dalam Diri Anda by John C Macwell), jumlah mereka ini sekitar 20% saja dari seluruh jumlah organisasi itu. Tapi merekalah yang mendatangkan 80% hasil dan pencapaian organisasi itu.
Setelah mempelajari hukum ini, terjawablah sudah mengapa tidak semua orang yang bergabung di bisnis ini berhasil? Karena mereka tidak membuat diri mereka menjadi bagian yang 20% itu. (orang inti).
“Bagaimana supaya semakin banyak orang berhasil dalam organisasi saya?” Jawaban yang sudah tidak mungkin salah adalah jadikan diri Anda bagian dari 20% itu (orang inti) lalu perbesar 100% Anda, otomatis 20% akan semakin besar. Oleh sebab itulah mengapa di bisnis jaringan selalu berhubungan dengan jumlah angka yang besar, pertambahan distributor yang besar (selisih jumlah bulan lalu dengan bulan ini), jumlah orang yang datang di pertemuan, pertambahan orang yang melakukan presentasi, petambahan omzet perbulan dll. Semua hal ini berhubungan dengan Momentum. Semakin besar dan cepat, semakin besar momentum tercipta.






Bagaimana menjadi Orang Inti ? (Anda lakukan dulu baru duplikasikan ke jaringan, hasilnya pasti dahsyat!)

1.    Presentasi minimal 15x/ bulan (4x/minggu).
2.    Melayani 5-10 pelanggan.
3.    Memakai minimal 3-4 produk/bulan. (autoship)
4.    Mendengarkan CD Univision. Min 1 cd/hari.
5.    Membaca buku min 15’/hari.
6.    Hadir di setiap pertemuan BOP, NDT, BBS, 15 planner meeting.
7.    Menjadi pemain team yang baik / be a good team player:
·       Melakukan Edifikasi kepada team kerja (upline, downline), crossline, perusahaan, produk, support system.
·       Melakukan Konsultasi kepada team kerja (upline). Konsultasi bisnis formal sebulan sekali.
·       Melakukan No Crosslining. (jangan mencampuri/mencari tahu kondisi bisnis orang lain di luar garis sponsorisasi Anda)
·       Bertanggungjawab terhadap jaringan dan kepercayaan yang diberikan oleh jaringan. Bisa dalam hal uang, produk dll.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar